22 August 2007

Perlukah kacamata...

Bagi yang sudah berkacamata atau pakai lensa kontak tentu ini tidak relevan, karena memang saat ini sudah menggunakannya. Tapi bagi yang belum mungkin ada pertanyaan dalam dirinya, perlukah saya memakai kacamata?

Jawaban yang paling tepat atas semua pertanyaan perlukah...? adalah jika kita dalam kondisi tersebut tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan sebagimana normalnya manusia, maksudnya jika kita masih bisa dan mampu dan secara normal cukup maka kita TIDAK PERLU, namun jika kita ingin merubah gaya hidup kita yang tidak biasa-biasa saja tentu menjadi perlu namun tidak sebagai kebutuhan yang mendasar.

Nah, kapan perlu kacamata alat alat bantu penglihatan yang lain. Ketika teman kita atau orang disekeliling kita bisa melihat objek tertentu dengan batas normal sedang kita tidak bisa dan harus emndekat jika ingin tahu dan sebenarnya kita ingin bisa melihat objek yang sebesar itu maka kita perlu bantuan. Nah ini memang sangat relative karena setiap orang dengan tingkat keperluan dan aktifitasnya yang berbeda, maka akan mempunyai kebutuhan yang beda.

Seorang tukang jam akan beda dengan seorang pianis, seorang ibu rumah tangga akan beda dengan seorang mahasiswa yang masih harus belajar dan melihat slide proyektor ketika kuliah.

Sementara ini perlu kacamata biasanya sudah ada keluhan, baik itu buram atau keluhan lain seperti sakit kepala, pusing, cepat lelah matanya dan sebagainya.
Untuk kasus buram rata-rata jika sudah menderita myopia -0.50 ke atas sudah merasa buram untuk melihat huruf kecil dan dalam pengukuran biasanya penderita ini memiliki tajam penglihatan tanpa alat bantu 20/25, sedang orang normal 20/20

No comments: