15 August 2007

Tajam Penglihatan

Kemampuan seseorang untuk melihat suatu objek dengan ukuran tertentu dan dari jarak tertentu. Alat yang biasa digunakan untuk mengetahui tajam penglihatan sesorang adalah dengan Snellen Chart.
Biasanya dengan jarak ukur 6 meter dari Snellen chart , dimana sinar yang masuk ke mata dianggap sejajar sehingga mata tidak melakukan akomodasi.
Notasi untuk memberi penilaian tajam penglihatan bisa dalam bentuk decimal contoh (0.8, 1.0), Pecahan dalam meter ( 6/6, 6/15) atau dalam pecahan dalam satuan feet (20/20, 20/25).

Jika seseorang bisa membaca huruf pada notasi 6, maka orang tersebut normal dan Acies Visus nya 6/6. ( Acies visus ( AV ) adalah Tajam penglihatan sesorang sebelum di koreksi ).

Jika seseorang hanya bisa membaca huruf pada notasi 15, maka orang ini tidak normal penglihatannya dan AV nya adalah 6/15 begitu seterusnya.

Angka 6/15 juga berarti bahwa orang itu hanya bisa melihat objek sebesar itu pada jarak 6 meter, sedangkan orang normal bisa melihat objek itu pada jarak 15 meter.

Nah bagaimana dengan tajam penglihatan mata anda?, anda bisa memeriksakan mata anda ke Dokter spesialis mata atau dating ke Optik dimana ada Refraksionis optisien yang akan memeriksa visus mata anda.

No comments: