10 October 2007

Bahayakah pakai lensa kontak


Mata adalah benda yang sangat kita bilang sensitif, bagaimana jika ada benda asing masuk mata misal debu, apa yang anda rasakan?
Nah sekarang berapa ukuran debu, terus berapa besar ukuran lensa kontak, sepertinya beribu bahkan berjuta kali besar debu, tapi apa yang dirasakan oleh sesorang yang memakai lensa kontak ? apa rasanya seperti kena debu yang beribu atau berjuta itu, tentu tidak.

Secara umum pemakaian lensa kontak tidak berbahaya namun ada indikasi dan kontra indikasinya, artinya ada orang yang boleh dan ada yang tidak boleh memakai lensa kontak.
Siapa yang boleh?
Tentu orang yang matanya sehat, ukurannya tersedia, sudah bisa merawat ( dewasa ) kalau belum orang tuanya harus mau merawat.

Siapa yang tidak boleh?
Kesehatan secara umum ( badan) ada alergi, sinusitis, hypertensi dan diabetes.
Untuk matanya, misal: mata kering, merah, pteregium yang tebal, ulkus, edema, ptosis dll. Wah bahasa medis yaaa. Yaa coba tanya Refraksionis kalau pas di optik nanti atau tanya dokter pas di klinik.

Kalau semua syarat tidak masalah maka pakai lensa kontak juga tidak masalah. Dan yang penting selanjutnya harus mengikuti prosedur pemakain dan perawatan dengan baik dan benar.
Misal, lensa kontak jangan di pakai sewaktu tidur, rutin membersihkan saat tidak dipakai, rutin mengganti sesuai umur dan jadwal penggantiannya.

No comments: