08 October 2007

Lensa kontak


Salah satu alat Bantu penglihatan yang populer saat ini adalah lensa kontak atau contact lens.

Perkembangan lensa kontak sendiri sangat pesat baik design, material maupun fungsi/tujuannya.

Tentunya tidak seperti kacamata yang semua orang hampir bisa memakainya, maka untuk lensa kontak tidak demikian.

Mengapa harus pakai lensa kontak?
Berbagai alasan mengapa sesorang harus memakai lensa kontak dengan pertimbangan sebagai berikut:
• Lensa kontak mempunyai lapang pandang yang luas jika di banding kacamata, bisa anda bayangkan kalau memakai kacamata apalagi orang yang mempunyai minus tinggi maka cenderung bingkai yang di pilih yang kecil agar tidk berat dan bagian pinggirnya tidak tebal, padahal dengan bingkai yang kecil otomatis penglihatan kita hanya terbatas pada seluas/sebesar bingkai itu dan kalau kita mau melihat ke arah samping atas bawah maka kita harus menoleh. Hal ini tidak perlu dilakuakn jika memakai lensa kontak.
• Tidak ada beban, tentu dengan lensa kontak mau minus 10.00 D ataupun lebih tetap saja ringan , dimana anda bisa bayangkan jika menggunakan kacamata dengan minus 15.00 D
• Tidak ada pengecilan bayangan ataupun pembesaran bayangan. Pada orang myopia apalagi minus tinggi maka dengan kacamata objek yang dilihat akan terasa lebih kecil dari aslinya ini karena sifat lensa minus sendiri yang memperkecil bayangan dan sebaliknya jika orang dengan ukuran jauhnya plus akan melihat objek terasa lebih besar, maka dengan lens kontak hal ini tidak terjadi di samping karena lensa kontak itu di pasang menempel pada kornea, kalau kacamata ada jarak dengan kornea kira-kira 12.50 mm
• Mata kita tidak terlihat besara atau mengecil dengan memakai lensa kontak, coba anda lihat di sekitar anda yang mempunyai minus tinggi dengan memakai kacamata maka matanya akan kelihatan kecil.
• Sangat cocok untuk orang yang mempunyai ukuran kanan kiri beda banyak ( lebih dari 3.00 D , karena kalau pakai kacamata sebagian besar pasti akan terasa pusing) apalagi orang yang mempunyai ukuran yang berbeda yaitu kanan plus kiri minus.
• Alasan pekerjaan, anda bisa bayangkan seorang pemain sepak bola yang harus aktif lari kesana kemari dengan memakai kacamata minus 10.00 D misalnya tentu tidak bisa, seorang artis dengan minus tinggi, public figure dan sebagainya yang menuntut untuk tampil aktif dan berpenampilan menarik maka lensa kontak adalah pilihan.
• Kosmetik, alasan ini lebih berdampak pada penampilan disamping untuk penderita myopia tinggi biasanya juga di pakai oleh orang yang tidak menderita kelainan refraksi (minus) tapi ingin tampi bergaya misal dengan lensa warna-warni yang akan mengubah warna iris mata kita. Juga untuk orang yang tidak punya iris atau albino maka ada lens kontak untuk itu.
• Alasan kesehatan, di gunakan sebagai bandage(perban) untuk seseorang yang dalam matanya sedang pemberian obat.
• Dll

No comments: