06 October 2007

Merawat kacamata


Menjadi harapan semua orang jika punya barang ingin awet atau bisa di pakai dalam jangka panjang, namun sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana mencapai harapan itu atau kadang tahu caranya namun tidak sempat atau tidak mau melaksanakan kegiatan yang hasilnya nanti akan membuahkan sesuai harapan tadi. Wah kok jlimet bahasanya….
Sama halnya kacamata, di mana benda yang satu ini di taruh di muka wajah kita, tentu pinginya selalu bersih, baik dan menambah nilai plus jika di pakai. Apalagi kacamata tidak sekedar sebagai alat kosmetik atau aksesoris namun lebih dari itu berfungsi sebagai alat penglihatan, tentu lensanya harus selalu bersih sehingga untuk melihat menjadi jelas dan nyaman.

Nah, bagaimana merawat kacawata yang baik. Berikut sebagiannya:

• Selalu membersihkan lensanya dalam keadaan basah, apalagi untuk lensa plastic, meskipun optic sudah bilang lensa itu tahan baret bahkan mungkin ada yang bilang anti baret tetap saja debu kecil yang berpasir yang menempel pada lensa jika di lap dalam keadaan kering akan menimbulkan goresan. Tambahkan sabun cuci tangan cair yang lembut jika ada lemak yang menempel. Gunakan tissue, karena akan dipakai hanya sekali pakai, sangat beda jika menggunakan kain, karena bekas debu yang menempel jika kering akan terasa tajam oleh lensa.
• Tidak meletakan kacamata di sembarang tempat atau misal di meja dengan puncak lensa ada di bawah, hal ini untuk menghindari benturan lensa dengan permukaan yang mungkin saja tidak halus, sehingga bisa menimbulkan baret.
• Tidak menaruh kacamata di dalam kantong baju atau celana, hal ini bisa saja di kantong kita ada benda tajam misal koin, kunci, ballpoint dan sebagainya yang bisa membuat lensa tergores.
• Selalu menyimpan kacamata jika tidak dipakai dengan case/kotaknya dengan tidak lupa di beri kain semacam fiber optic
• Tidak mendekatkan kacamata dengan bahan – bahan kimia yang bisa mengakibatkan kerusakan baik lensa maupun framenya.
• Memakai dan melepas kacamata dengan menggunakan kedua tangan, terlebih jika kacamatanya tidak menggunakan per agar kacamata tidak cepat longgar karena sering di tarik sebelah tangan.
• Dll

No comments: